Cara Mudah Mengetahui Bisnis dan Toko Online Penipuan

Polisionline.info – Dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi membuat semua aktifitas manusia menjadi lebih mudah dan terorganisir, salah satu dampak yang cukup terasa adalah dalam hal berbelanja. Sebelum belanja online terkenal seperti sekarang ini, kebanyakan orang cendrung pergi berbelanja ke pusat perbelanjaan. Namun semakin berkembangnya teknologi kini perlahan orang mulai beralih berbelanja di toko online.

Gambar : octamainblog

Lalu bagaimana dengan keamanan berbelanja di toko online ? Jangan takut cukup mudah kok untuk mengetahui bisnis ataupun toko online tersebut aman atau tidak. Polisionline.info akan membagikan tips dan trik untuk mengetahui bisnis atau toko online penipuan. Mari kita simak.

1. Deskripsi dan gambar produk tidak meyakinkan.
Deskripsi produk yang dituliskan sangat singkat, tidak jelas dan terkadang tidak ada deskripsi produk, selain itu toko online yang hendak menipu mereka menggunakan foto atau gambar yang mereka ambil dari google ataupun dari website terpercaya yang kemudian mereka edit dan pasang di toko online milik mereka. Kebanyakan dari foto tersebut nampak tidak jelas, pecah dan ukurannya tidak sesuai dengan template website yang digunakan.

2. Alamat toko tidak jelas.
Sudah pasti mereka tidak akan memberikan alamat lengkap dan jelas dimana lokasi toko mereka, walaupun ada beberapa yang menyertakan alamat lengkap dan jelas namun ketika anda datang ke alamat tersebut yang ditemui adalah alamat toko online orang lain atau malah tidak ada toko yang anda cari.

3. Struktur dan bahasa penulisan mencurigakan.
Toko online yang dibuat dengan tujuan menipu kebanyakan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan cendrung tidak jelas. Selain itu susunan kata dan kalimat yang dibuat cendrung akan membuat kita bingung.

4. Harga produk tidak sebanding dengan toko online resmi lainnya.
Ya ini merupakan senjata paling ampuh bagi mereka, walaupun anda sudah curiga dan tidak yakin dengan toko online tersebut bukan hal yang tidak mungkin anda terkecoh dengan penawaran harga super murah yang mereka tawarkan. Misal anda melihat harga sebuah Handphone merk x tipe y seharga Rp 9.500.000 di toko online resmi lain tetapi anda melihat harga promo besar besaran di toko online penipu tersebut seharga Rp 3.250.000 lalu mulailah anda tertarik dan menghilangkan rasa curiga dan tidak yakin yang muncul sebelumnya. Mulailah anda bertanya tanya dan terkena rayuan maut dari sipenipu tadi dan apa yang anda dapatkan ? Uang anda raib ditipu. Maka dari itu jangan mudah untuk tergiur dengan harga super murah 😀

5. Testimonial palsu.
Testimonial ini sudah pasti mereka ataupun teman satu komplotan mereka yang membuatnya, cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat  watu pembuatan testimonial yang berdekatan dan penggunakan kata serta bahasa yang relatif sama.

6. Nomor kontak atau live chat tidak terhubung.
Toko online penipu pada umumnya mereka menggunakan kata “Buka 24 Jam” tapi ketika anda hubungi YM atau HP nya sering tidak aktif. Sekalinya aktif anda akan di sms atau di telephone untuk segera melakukan pembelian dan transfer sejumlah uang agar barang yang anda pesan cepat dikirim.

7. Track record website yang mencurigakan.
Untuk mengetahui hal ini anda cukup memasukkan kata kunci berupa ( nama website / no hp / rekening ) pada mesin pencarian Polisionline.info dan lihat bagaimana hasilnya 😀

8. Tidak ada bukti transaksi pengiriman berhasil.
Namanya juga menipu mana ada transaksi pengiriman berhasil. Ada yang menunjukkan foto resi pengiriman, tetapi itu adalah foto yang diambil dari google. Mereka tidak akan mencantumkan nomor resi pada website mereka, karena ketika kita cek di website jasa pengiriman barang, maka data yang muncul adalah nama toko terpercaya milik orang lain.

Bagaimana sobat, cukup mudah bukan ? Semoga artikel singkat dari Polisionline.info ini bermanfaat bagi kita semua. Sebarkan informasi ini agar tidak ada lagi yang tertipu oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Terimakasih.