Cara Melaporkan Penipuan Online ke Polisi

Polisionline.info – Ini adalah cara yang dapat anda lakukan jika anda pernah menjadi korban penipuan online yang saat ini semakin marak terjadi dimana mana. Semoga dengan menempuh cara ini kasus yang anda alami dapat terselesaikan dengan baik dan uang yang telah anda transfer dapat kembali ke rekening anda. Bagaimana tahapannya silahkan anda simak dibawah ini.

melapor ke kantor polisiGambar : suratrakyat

Siapkan Bukti Transaksi Pembelian
Yang harus pertama kali anda lakukan adalah dengan menyiapkan semua barang bukti transaksi pembelian seperti.

  1. Bukti salinan ( sms, email, bbm )
  2. Data lengkap penipu ( nama, no telphone atau handphone, nomor rekening )
  3. Bukti transfer bank

Buat Laporan Penipuan
Selain anda menyertakan bukti transaksi pembelian, anda juga harus membuat laporan penipuan yang bersi tentang kronologi dan kejadian penipuan yang anda alami di atas materai sebagai pelengkap untuk memblokir rekening penipu.

Bawa Laporan ke Kantor Polisi
Selanjutnya anda bawa bukti transaksi pembelian yang telah dibuat sebelumnya ke kantor polisi untuk dilakukan penyidikan. Selanjutnya anda akan mendapat surat tanda penerimaan laporan dari pihak kepolisian.

Buat Surat Permintaan Penutupan Rekening
Anda juga harus mendatangi cabang bank yang bersangkutan dengan menyertakan surat laporan yang anda dapatkan dari pihak kepolisian, lalu jelaskan kepada pihak bank tersebut bahwa anda telah menjadi korban penipuan dan selanjutnya mintalah pihak bank untuk memblokir rekening pelaku penipuan.

Tunggu Panggilan dari Pihak Bank
Jika bank menyetujui permohonan anda untuk peblokiran rekening pelaku penipuan, maka pelaku akan diminta untuk mendatangi bank dan pihak bank akan meminta pelaku untuk menghubungi anda. Saat inilah anda jelaskan kepada pelaku untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara kekeluargaan ( mengembalikan uang anda ) atau mau diproses hukum untuk dilanjutkan ke pengadilan.

Urus Surat Pencabutan Perkara
Setelah penipu mengembalikan uang anda, maka segeralah meminta surat pencabutan perkara dari pihak kepolisian tempat anda melapor sebelumnya dengan menyertakan surat pengakuan kesalahan dan fotocopy KTP pelaku.

Bagaimana, tidak sulit bukan melaporkan kasus penipuan online. Hanya saja kebanyakan orang malas untuk mengurus hal tersebut dengan berbagai macam alasan mulai dari takut ke kantor polisi, buang buang waktu dan tenaga serta tidak ada waktu untuk mengurus hal tersebut.

Walaupun demikian anda tetap harus melaporkan kejadian tersebut minimal di website Polisionline.info ini untuk meminimalisir kejahatan serupa dengan pelaku yang sama. Sekian artikel dari Polisionline.info semoga baermanfaat dan jangan lupa sebarkan informasi ini ke orang lain.